Proceedings Series of Educational Studies
2023: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan

Pengaruh Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Era Digital

Susi Herawati (Unknown)
Nadia Zakia (Unknown)
Gustina Gustina (Unknown)
Syahrul Ramli (Unknown)
Adam Mudinillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Teknologi mengintegrasikan pembelajaran berbasis internet. Siswa harus mempersiapkan sarana dan prasarana digitalisasi memberikan beban baru ketidakmampuan penyediaanya. Ketidakmampuan menyebabkan siswa kehilangan motivasi untuk mengikuti pembelajaran. Penggunaan teknologi membuat siswa jenuh belajar jika mesti kembali pada model konvensional sehingga mempengaruhi model pengelolaan kelas oleh guru secara professional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatannya adalah studi komparatif. Responden terdiri dari dari guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan google form agar dengan indikator profesionalisme guru, dan proses belajar. Data yang telah terkumpul akan di analisis statitistik menggunakan aplikasi SPSS 26 dengan uji One Way Anova untuk membandingkan perbedaan antara profesionalisme guru dengan motivasi belajar siswa di era digital. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh profesionalisme guru terhadap minat dan motivasi signifikan. 35% responden sangat setuju bahwa profesionalisme meningkatkan motivasi belajar siswa. Pengaruh profesionalisme terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai person correlation sebesar 0.75 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis bernilai. Berdasarkan hasil pengujian di atas, ditemukan bahwa pengaruh sebesar 74,8%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...