Abstract: This research is a research on the development of teaching materials in the form of Project Based Learning STEM E-Modules on Halogen Elements Material for Class XII SMA. Development of teaching materials based on STEM and PjBL is needed as a learning solution in the 21st century. In addition, the use of electronic teaching materials is in line with the development of technology 4.0. This study aims to: 1) Determine the validity of the developed PjBL-based STEM E-Module; 2) Knowing student responses to the developed PjBL-based STEM E-Module. The sample chosen in this study was students of class XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Kisaran. The development model in this study uses the 4D model. This research consists of 4 steps, namely define, design, develop, and disseminate. The results showed that: (1) the STEM E-Module Based on Project Based Learning was declared "very valid" with an average percentage score of 89% for material experts and 88.94% for media experts; (2) The response of Class XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Kisaran to the developed e-module is categorized as "very good" with an average percentage of 86%.Keywords: E-Module, STEM, PjBL, halogenAbstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berupa E-Modul STEM Berbasis Project Based Learning Pada Materi Unsur Golongan Halogen Untuk Kelas XII SMA. Pengembangan bahan ajar berbasis STEM dan PjBl dibutuhkan sebagai solusi pembelajaran pada abad-21. Selain itu penggunaan bahan ajar elektronik sejalan dengan perkembangan teknologi 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kevalidan E- Modul STEM berbasis PjBL yang dikembangkan; 2) Mengetahui respon siswa terhadap E- Modul STEM berbasis PjBL yang dikembangkan. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Kisaran. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Penelitian ini terdiri dari 4 langkah, yaitu define, design, develope, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul STEM Berbasis Project Based Learning dinyatakan “sangat valid” dengan nilai persentase rata-rata ahli materi 89% dan ahli media sebesar 88,94%; (2) Respon peserta didik kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Kisaran terhadap e-modul yang dikembangkan yaitu dikategorikan “sangat baik” dengan presentase rata-rata 86%.Kata kunci: E-Modul, STEM, PjBL, halogen
Copyrights © 2023