Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 1 (2024): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Enhancing The Fifth Aspect’s of Writing By Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Farida Ariyani (Unknown)
Dedi Andrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji keampuhan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada berbagai dimensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang meliputi uji validitas dan reliabilitas pada Aspek Tes Prestasi Menulis, serta penilaian pre-test dan post-test aspek menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC secara signifikan meningkatkan kemahiran menulis siswa, khususnya dalam kosa kata dan mekanik. Meskipun tantangan masih ada dalam aspek-aspek seperti penggunaan bahasa, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya strategi pembelajaran yang disesuaikan untuk berbagai aspek penulisan. Secara keseluruhan, temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak intervensi pembelajaran terhadap prestasi menulis dan memberikan wawasan berharga bagi pendidik untuk mengoptimalkan metodologi pengajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

symfonia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Symfonia Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Al-Qur`an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya, Sumatera Selatan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan menyalurkan minat berbagi ...