Jurnal Public Administration, Business, and Rural Development Planning
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Public Administration, Business and Rural Development Planning

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PADA KANTOR KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG

Fitma Windra Saogo (Unknown)
F Yasmeardi (Unknown)
Marzalisman Marzalisman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Adapun tujuan penelitian yang dilkasanakan ialah : 1.Untuk mengetahui berapa besar tingkat pelayanan Kantor Camat Padang Barat.2. Untuk mengetahui berapa besar tingkat Efektifitas Kerja Pegawai Kantor Camat Padang Barat.3. Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Pelayanan Terhadap Efektfitas Kerja Kantor Camat Padang Barat. Untuk itu penulis menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian memberikan kesimpulan sebagai berikut : 1.Secara total 5 indikator yang digunakan untuk mengukur pelayanan menghasilkan akumulasi rata-rata skor sebesar 4,78 dengan pencapaian persentase TCR mencapai 82,17%. Jadi dari tabel TCR tersebut didapatkan angka tertinggi sebesar 75,58%, artinya pegawai kantor Camat Padang Barat memperoleh pelayanan yang baik, 2.Secara total 4 indikator yang digunakan untuk mengukur Efektifitas Kerja menghasilkan akumulasi rata-rata skor sebesar 4,74 dengan pencapaian responden TCR mencapai 65,48%.Jadi dari data tabel TCR tersebut didapatkan angka tertinggi sebesar 65,48%, artinya pegawai Kantor Camat Padang Barat memperoleh Efektifitas Kerja yang baik, melalui uji Y=a+bX diperoleh y=13,790+0,502 (Pelayanan) ini menunjukkan adanya hubungan positif yang dihasilkan oleh Pelayanan terhadap Efektfitas Kerja. Artinya apabila Pelayanan (X) ditingkatkan sebesar 1 point maka akan memberikan pengaruh terhadap Efektifitas Kerja sebesar 13,790+0,502. 3. Berdasarkan tabel diatas , dapat dijelaskan bahwa nilai rXY adalah 0,478. ini menunjukan pengaruh antara pelayanan terhadap efektifitas kerja terdapat hubungan yang sedang, dimana interprestasi kefisien korelasi antara 0,50-5,99, dengan tingkat signifikansi lebih dari < 0,005 yaitu 0,003. Dari hasil uji koefisien penentu melalui SPSS 22,0, nilai Koefisiensi Determinant (R-Square) pengaruh pelayanan terhadap efektifitas Kerja sebesar 59,8%. Sedangkan sisanya 29,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian. Ini menggambarkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap efektifitas Kerja dengan menggunakan uji satu arah sehingga didapat hasil Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Fokus masalah utama dalam pengembangan ilmu administrasi publik dan bidang administrasi bisnis Ruang lingkup jurnal ini adalah, Pengembangan Ekonomi, Kebijakan Publik, Perencanaan Pembangunan, Keuangan Sektor Publik, Manajemen Layanan, Organisasi Publik, Pengembangan Sumberdaya Manusia, ...