Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGEMBANGAN SILABUS UNTUK BUKU PELAJARAN TINGKAT 1A WISMA BAHASA : UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Naomi Teresia Br. Simbolon (Universitas Prima Indonesia)
Sastra Yanti Hasibuan (Universitas Prima Indonesia)
Ramadhan Saleh Lubis (Universitas Prima Indonesia)
Zira Fatmaira (STMIK Kaputama)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus yang sesuai dengan karakteristik siswa di Wisma Bahasa dan mempertimbangkan kebutuhan bahasa yang dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Kajian tersebut meliputi penyusunan pedoman wawancara dan kuesioner untuk analisis kebutuhan, perancangan rancangan silabus, validasi dan revisisilabus, serta keterlibatan peserta berkualitas yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan kuisioner untuk memastikan validitas dan reliabilitas data. Pengembangan silabus mendapat tanggapan positif dari evaluator dan instruktur senior, yang menunjukkan pentingnya silabus terstruktur dalam meningkatkan konsistensi dan efektivitas pembelajaran. pembelajaran bahasa di Wisma Bahasa. Silabus ini memberikan panduan yang jelas bagi guru dan siswa, memastikan konsistensi, relevansi, dan pencapaian tujuan pembelajaran. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya silabus terstruktur dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia di Wisma Bahasa. Pendistribusian silabus akan menjadi langkah awal yang penting untuk memastikan silabus dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...