Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus yang sesuai dengan karakteristik siswa di Wisma Bahasa dan mempertimbangkan kebutuhan bahasa yang dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Kajian tersebut meliputi penyusunan pedoman wawancara dan kuesioner untuk analisis kebutuhan, perancangan rancangan silabus, validasi dan revisisilabus, serta keterlibatan peserta berkualitas yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan kuisioner untuk memastikan validitas dan reliabilitas data. Pengembangan silabus mendapat tanggapan positif dari evaluator dan instruktur senior, yang menunjukkan pentingnya silabus terstruktur dalam meningkatkan konsistensi dan efektivitas pembelajaran. pembelajaran bahasa di Wisma Bahasa. Silabus ini memberikan panduan yang jelas bagi guru dan siswa, memastikan konsistensi, relevansi, dan pencapaian tujuan pembelajaran. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya silabus terstruktur dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia di Wisma Bahasa. Pendistribusian silabus akan menjadi langkah awal yang penting untuk memastikan silabus dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2024