Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

INCREASING THE STUDENTS’ ABILITY IN SPEAKING BY USING ROTATING TRIO EXCHANGE STRATEGY AT THE EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 2 SIROMBU

Hidayati Daeli (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Berbicara adalah interaksi antara pembicara dan pendengar dalam mengucapkan kalimat untuk mengungkapkan gagasan, perasaan, dan pendapat satu sama lain. Begitu pula dengan silabus kurikulum 2013 SMP Negeri 2 Sirombu kelas VIII, diharapkan siswa harus mampu menerapkan dan menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis, terpendek dan paling sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian, memeriksa pemahaman, menghargai kinerja. , dan tanggapannya dengan mempertimbangkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan isi. Kriteria Kompetensi Minimum pelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini adalah 60 yang harus dilalui oleh siswa. Dengan kata lain siswa diharapkan mampu menyampaikan gagasan, pendapat, dan perasaannya kepada orang lain secara lisan dan benar. Namun kenyataannya, siswa belum mampu sepenuhnya memenuhi harapan silabus. Dalam memecahkan masalah siswa dalam berbicara, peneliti menerapkan Strategi Rotating Trio Exchange dengan menerapkan metode penelitian CAR. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti mengumpulkan data dari hasil observasi, catatan lapangan, dan evaluasi. Hasil penelitian pada Siklus I, hasil kemampuan berbicara siswa yang memperoleh tingkat kefasihan level 1 (13,33%), tingkat kefasihan level 1+ (30,00%), tingkat kefasihan level 2 (23, 33) %), tingkat kefasihan tingkat 2+ (23,33%) dan tingkat kefasihan tingkat 3 (6,68%), dan tingkat kefasihan tingkat 3+ (3,33%). Hal ini menunjukkan bahwa peneliti harus melanjutkan ke siklus kedua. Kemudian, siklus II menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa yang memperoleh tingkat kefasihan level 2+ (13,33%), tingkat kefasihan level 3 (56,67%) dan tingkat kefasihan level 3+ (30,00%). Hasil tersebut menggambarkan bahwa siswa mampu menetapkan sudut pandangnya berdasarkan topik yang diberikan dan mencapai harapan silabus dan MCC 60.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...