Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENGARUH PENERAPAN SISTEM SELF ASSESSMENT, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK RESTORAN DI KABUPATEN BOGOR

Salsabila Habib Sarah (Universitas Djuanda Bogor)
Indra Cahya Kusuma (Universitas Djuanda Bogor)
Yuppy Triwidatin (Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mencari tahu tentang pengaruh penerapan sistem self assessement, sosialisasi perpajakan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kabupaten Bogor. Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan desain kuantitatif deskriptif. Populasi yang terlibat adalah kewajiban membayar pajak pada restaurant yang terdapat pada BAPPENDA Kabupaten Bogor hingga bulan Juli 2020 yaitu sebanyak 668 wajib pajak. Pengambilan sampel berjumlah 88 responden yang meliputi staff keuangan dan perpajakan dari restoran yang terdaftar sebagai wajib pajak restoran di Kabupaten Bogor. Sampel ini diperoleh menggunakan metode convenience sampling dengan ketentuan banyaknya sampel dengan rumus slovin. Alat yang digunakan untuk mengalisa data yaitu regresi berganda, melalui uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan sistem self assessment dan sanksi perpajakan mempunyai dampak positif yang signifikan pada kepatuhan membayar pajak restoran. Sedangkan sosialisasi perpajakan tidak memberikan pengaruh apapun pada kepatuhan wajib pajak restoran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...