Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi RealLife membantu pertukaran mahasiswa merdeka semester 6 jurusan bahasa Inggris di Universitas Nommensen HKBP Medan dalam mempelajari keterampilan bahasa Inggris komunikatif atau keterampilan berbicara secara umum. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti hanya menggunakan satu siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari tiga tes yaitu pre-observation test, pre-test dan post-test. Semua tes menunjukkan persentase peningkatan siswa dalam belajar bahasa Inggris komunikatif. Dari 20% - 75% siswa telah menerapkannya saat berbicara bahasa Inggris dengan teman dan orang lain. Temuan dari penelitian ini adalah keterampilan bahasa Inggris komunikatif telah dipahami oleh siswa dengan baik dan aplikasi RealLife sebagai media yang berhasil membuat mereka percaya diri dan bebas berbicara bahasa Inggris dengan orang karena memberikan keadaan di mana mereka tidak bertemu siapa pun yang selalu mengkritik tentang mereka. kesalahan dan juga mereka tidak akan pernah di-bully atau didiskriminasi oleh orang-orang di RealLife.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024