Dalam era digital saat ini, pendidikan menghadapi transformasi signifikan dengan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi pengembangan aplikasi mobile sebagai sarana untuk memfasilitasi kolaborasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan fokus pada identifikasi model kolaborasi efektif, tantangan adopsi teknologi, keamanan data, dan pemanfaatan fitur inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi melalui aplikasi mobile dapat memperkaya interaksi pembelajaran, mengatasi hambatan ruang dan waktu. Adopsi teknologi menjadi tantangan utama, yang dapat diatasi melalui desain antarmuka yang intuitif dan pelatihan yang terarah. Keamanan data dan privasi menjadi perhatian utama yang dapat diatasi dengan memperhatikan standar keamanan yang tinggi. Integrasi fitur inovatif, seperti kecerdasan buatan, dapat meningkatkan personalisasi pembelajaran dan responsivitas aplikasi terhadap kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan kerangka konseptual komprehensif untuk pengembangan aplikasi mobile dalam mendukung kolaborasi guru dan siswa.
Copyrights © 2024