Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK MEMFASILITASI KOLABORASI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Anyan Anyan (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Dalam era digital saat ini, pendidikan menghadapi transformasi signifikan dengan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi pengembangan aplikasi mobile sebagai sarana untuk memfasilitasi kolaborasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan fokus pada identifikasi model kolaborasi efektif, tantangan adopsi teknologi, keamanan data, dan pemanfaatan fitur inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi melalui aplikasi mobile dapat memperkaya interaksi pembelajaran, mengatasi hambatan ruang dan waktu. Adopsi teknologi menjadi tantangan utama, yang dapat diatasi melalui desain antarmuka yang intuitif dan pelatihan yang terarah. Keamanan data dan privasi menjadi perhatian utama yang dapat diatasi dengan memperhatikan standar keamanan yang tinggi. Integrasi fitur inovatif, seperti kecerdasan buatan, dapat meningkatkan personalisasi pembelajaran dan responsivitas aplikasi terhadap kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan kerangka konseptual komprehensif untuk pengembangan aplikasi mobile dalam mendukung kolaborasi guru dan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...