Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

IMPLEMENTATION OF THE PHYSICAL EDUCATION CURRICULUM AT SECONDARY SCHOOL LEVEL IN THE DILI DISTRICT OF TIMOR-LESTE

Bria, Filomeno Amaral (Unknown)
Rahayu, Tandiyo (Unknown)
Sumartiningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai implementasi kurikulum Pendidikan Jasmani di delapan sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan kekurangan teoritis, metodologis dan praktis dalam penerapan kurikulum Pendidikan Jasmani di delapan sekolah menengah. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain kurangnya persiapan dan pemahaman guru terhadap kurikulum, sarana dan prasarana yang belum memadai, serta perlunya pengembangan bahan ajar yang lebih efektif. Pendidikan Jasmani merupakan salah satu disiplin ilmu wajib yang dimasukkan dalam program kurikuler pendidikan nasional. Dalam merencanakan pelaksanaannya, sekolah harus mampu memahami kurikulum yang ditetapkan pemerintah agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif. Pentingnya kurikulum pendidikan jasmani (implementasi silabus) yang baik dan efektif akan mempengaruhi kualitas pengajaran di sekolah menengah. Disiplin Pendidikan Jasmani sangat penting sebagai bagian pembelajaran di sekolah menengah. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan jasmani peserta didik dalam berbagai jenis aktivitas jasmani, termasuk olah raga dan kegiatan lain yang meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, berdasarkan kurikulum yang menjadi pedoman utama dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan program Pendidikan Jasmani di delapan sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan kekurangan teoritis, metodologis dan praktis dalam implementasi kurikulum Pendidikan Jasmani di delapan sekolah menengah. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain kurangnya pemahaman guru terhadap program, sarana dan prasarana yang belum memadai, serta perlunya pengembangan bahan ajar yang lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...