Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI KELAS XI ILMU AGAMA ISLAM (IAI) MAN 1 PONTIANAK

Ela Pratiwi (IAIN Pontianak)
Muhamad Tisna Nugraha (IAIN Pontianak)
Zulkifli Zulkifli (IAIN Pontianak)
Vibry Andina Nurhidayah (IAIN Pontianak)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup kegiatan pembelajaran di kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan kegiatan tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sehingga, teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ialah dengan kondensasi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran, adalah keterampilan yang meliputi: kegiatan mengucapkan salam pembuka, mengabsen kehadiran peserta didik, membangkitkan perhatian atau minat peserta didik, variasi mengajar dan pola interaksi, menumbuhkan motivasi, memberi acuan, mengajukan pertanyaan pemantik serta mengingatkan peserta didik mengenai pokok-pokok materi yang akan dipelajari, meninjau kembali, mengevaluasi, memberi penguatan, dan terakhir memberi tindak lanjut pada peserta didik saat kegiatan penutup atau akhir pembelajaran. Selanjutnya, dari hasil penelitian juga diperoleh informasi bahwa faktor pendukung dalam melaksanakan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, yaitu ketersediaan media pembelajaran, seperti: infokus, pengeras suara dan sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain ialah kondisi peserta didik yang kadang kurang kondusif untuk menerima pelajaran dan terbatasnya waktu untuk melakukan tahapan atau langkah membuka dan menutup pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...