Penelitian ini untuk mengetahui dampak pembangunan jalan tol Indrapura-Kisaran terhadap pengembangan pelaku UMKM di Kabupaten Asahan dengan menggunakan data sekunder dan data primer, dengan menggunakan wawancara dan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah SMART-PLS yang terdiri dari pengujian model eksternal, pengujian inner model dan model pembelajaran. Hasil penelitian menemukan adanya variabel dampak pembangunan jalan tol terhadap perkembangan pelaku UMKM di Kabupaten Asahan yang masih ditemukan bahwa pelaku UMKM yang mempertahankan usahanya secara konvensional sehingga salah satu pengembangan UMKM masih belum menggunakan pemasaran digital. Temuan ini menunjukkan bahwa pemerintah perlu fokus pada pengembangan kemampuan pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi usahanya, khususnya pada kegiatan pemasaran digital. Untuk mendukung akses pasar digital, pemerintah perlu mengembangkan e-marketplace untuk mendukung pemasaran produk digital unggulan di Kabupaten Asahan.
Copyrights © 2024