Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di kalangan siswa sekolah dasar merupakan hal yang penting dalam menghadapi tantangan globalisasi. Metode pembelajaran berbasis proyek telah dikenal luas sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak metode pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris di SD Tamalanrea 1. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis bahasa Inggris setelah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, siswa juga menunjukkan tingkat motivasi yang lebih tinggi dan keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya metode pembelajaran berbasis proyek sebagai sarana efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga terhadap pemahaman praktis dan teoritis penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam konteks pendidikan bahasa Inggris di tingkat dasar.
Copyrights © 2024