Matematika sebagai ilmu pengetahuan dasar mulai diajarkan dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga pada perguruan tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Daarul Istiqlal yang beralamat di Jalan Pantai Rambung, Mareldal II. Kecamatan Deli Tua pada tanggal 20 Januari 2024. Metode yang dipakai yaitu metode survei dengan menggunakan instrumen angket sebanyak 30 item pernyataan yang terdiri dari bobot positif dan negatif. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 responden dari poulasi 120 siswa, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan uji chikuadrat dan uji linearitas menggunakan uji F (Fisher), dan hasilnya data berdistribusi normal serta memenuhi uji linearitas yakni data bersifat linier/signifikan. Uji hipotesis yang dipakai yaitu uji validitas dengan menggunakan product moment dan uji reliabilitas data menggunakan Cronbach Alpha, jadi hasilnya layak dipakai/valid dan reliabel/layak dipakai, data yang valid yaitu 25 soal dan data yang tidak valid berjumlah 5. Hasil dari peneletian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,82 %, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,80% dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,91%. Uji signifikan regresi yaitu menyatakan hipotesis Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.
Copyrights © 2024