Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

TRANSFORMATION OF PUBLIC SERVICES: PROBLEM OR SATISFACTION

Mustainah M (Universitas Tadulako)
Erdiyansyah Erdiyansyah (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2024

Abstract

Kajian mengenai transformasi pelayanan publik atau e-Government masih terbatas di Indonesia, khususnya di Kota Palu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan studi semacam itu untuk berkontribusi pada administrasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi transformasi pelayanan publik (e-Government) di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan populasinya adalah masyarakat di Kota Palu. Sampelnya adalah masyarakat yang dilayani di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintahan elektronik (e-Government) dan kualitas layanan elektronik berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan elektronik. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pelayanan elektronik dapat diperoleh melalui penerapan transformasi pelayanan publik yang meliputi e-Government dan kualitas pelayanan elektronik. Transformasi pelayanan publik ini memberikan manfaat kepada masyarakat dengan pelayanan yang cepat, mudah, dan adil bahkan menghentikan potensi perilaku birokrasi yang tidak etis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...