Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN KOMPETENSI GURU

Nadlir, Nadlir (Unknown)
Maghfiroh, Laily (Unknown)
Chusniyatin, Vira Maulidafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Peningkatan kompetensi guru adalah cara yang sistematis untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi seperangkat materi dan strategi pembelajaran. Guru memiliki peran sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar, yang membantu siswa dalam mempelajari segala sesuatu. Dengan perencanaan pembelajaran, guru dapat lebih mudah dalam menetapkan tujuan pembelajaran dan bagaimana cara mencapainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi perencanaan pembelajaran dalam mendukung peningkatan kompetensi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, studi kepustakaan (library research). Data diperoleh dengan teknik pengumpulan artikel jurnal yang relevan yang kemudian dianalisis menyesuaikan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, karena perencanaan pembelajaran dapat menjadi acuan bagi seorang guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Perencanaan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat mendukung dalam peningkatan dan berkembangnya kompetensi guru. Guru lebih siap dan profesional dalam pelaksanaan pembelajaran karena memiliki pedoman dan perencanaan yang jelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...