Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di SMP N 1 Ronggurnihuta tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh guru SMP N 1 Ronggurnihuta yang berjumlah 21 orang yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis Regresi Berganda, Hipotesis Parsial, Pengujian (uji t), Hipotesis Simultan, Pengujian (Uji F), dan Koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional (X1) dan pengalaman mengajar (X2) mempunyai pengaruh secara parsial terhadap kemampuan Belajar Diferensiasi (Y) dengan nilai t hitung > nilai t tabel variabel (X1) (8,390 > 1,721) dan untuk variabel (X2) (9,076 > 1,721). Selanjutnya pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan terdapat pengaruh antara kompetensi profesional dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terlihat dari Fhitung > Ftabel (792,795 > 3,15). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan pengalaman mengajar terhadap pelaksanaan pembelajaran yang berdiferensiasi.
Copyrights © 2024