Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEM-BANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK

Fauziyah, Afina Lathifah (Unknown)
Rudiyanto, Rudiyanto (Unknown)
Kurniawati, Leli (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Jurnal ini menyelidiki inisiatif strategis yang dilakukan oleh kepala taman kanak-kanak untuk menumbuhkan kemampuan guru dalam mencapai tujuan yang digariskan dalam Kurikulum Merdeka dan dalam membina keterampilan abad 21 di kalangan siswanya. Menyadari semakin pentingnya keterampilan abad ke-21 dalam pendidikan anak usia dini, penelitian ini menggali peran penting kepala sekolah dalam membimbing guru menuju penerapan kurikulum yang efektif. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif seperti wawancara dan analisis dokumen, penelitian ini mengungkap spektrum strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah. Hal ini mencakup sesi pengembangan profesional terstruktur, program pendampingan yang dipersonalisasi, upaya perencanaan kolaboratif, dan pembentukan lingkungan sekolah yang mendukung. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kepercayaan diri dan kemahiran guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka diperkuat, sehingga mereka dapat dengan mahir mengembangkan keterampilan penting abad ke-21 pada generasi muda mereka. Implikasi dari temuan ini sangat luas, memberikan wawasan tentang praktik kepemimpinan taman kanak-kanak yang efektif. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi para praktisi yang ingin meningkatkan implementasi kurikulum dan memajukan pengembangan keterampilan abad ke-21 dalam pendidikan anak usia dini. Dengan mengungkap manuver strategis kepala taman kanak-kanak, penelitian ini memberikan peta jalan bagi para pendidik yang bertujuan untuk mengoptimalkan pendekatan pedagogi mereka dan mendorong perkembangan holistik pada siswanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...