Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat kepada guru. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. (2) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan metode mind mapping. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Lotu. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 3 Lotu pada Siklus I rata-ratanya sebesar 56,03% tergolong kurang dan Siklus II sebesar 78,16% tergolong baik. (2) Kualitas pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 3 Lotu pada Siklus I sebesar 66,41 tergolong cukup dan Siklus II sebesar 84,50% tergolong baik. (3) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 3 Lotu pada Siklus I nilai rata-ratanya sebesar 68,25 tergolong cukup, persentase ketuntasan sebesar 62,50%, simpangan bakunya sebesar 9,944 dan Siklus II nilai rata-ratanya sebesar 82,92 tergolong baik, persentase ketuntasan sebesar 87,50%, simpangan bakunya sebesar 8,361.
Copyrights © 2024