Seorang guru perlu memiliki kompetensi pedagogik berupa kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan potensi peserta didik dan pemahaman terhadap karakter peserta didik. Maka seorang guru perlu mengetahui apa saja kompetensi pedagogik yang perlu mereka miliki untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Apalagi saat ini sering terjadi pergantian kurikulum yang membuat guru harus menyesuaikan diri dan yang terbaru ialah kurikulum merdeka. SD Ar-Rahman di Kota Cimahi merapakan salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan kurikulum merdeka meskipun secara bertahap baru beberapa kelas saja. Peneliti ingin mengetahui seberapa jauh pengetahuan guru di sekolah tersebut mengenai kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk untuk membahas bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, apa saja problematika dalam kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka, dan bagaimana upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Ar-Rahman sudah cukup baik.
Copyrights © 2024