Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Mendrofa, Desinurani (Unknown)
Telaumbanua, Desman (Unknown)
Zega, Novelina Andriani (Unknown)
Harefa, Agnes Renostini (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting, (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Instrumen penelitian yaitu: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar, 3) Foto dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada Siklus I rata-ratanya yaitu 59,03% dan di Siklus II yaitu 80,56%, selanjutnya hasil lembar observasi peserta didik yang terlibat aktif dalam pembelajaran pada Siklus I rata-ratanya yaitu 61,46% dan di Siklus II yaitu 85,42%. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di Siklus I rata-ratanya yaitu 69,55 dengan kriteria cukup dan di Siklus II yaitu 82,05 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...