Rendahnya minat belajar siswa dan mengganggap bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit serta belum maksimalnya kesadaran tanggung jawab siswa pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah 22 Sruni. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan karakter tanggung jawab sisswa dengan tepat. Tujuan penelitian ini untk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar pengamatan tanggung jawab siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab. Prestasi belajar mengalami peningkatan dari 44,4% menjadi 83,3%, sedangkan tanggung jawab semula pada siklus I hanya 4 siswa yang mempunyai tanggung jawab sangat baik. Hal tersebut mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 6 siswa yang mempunyai tanggung jawab sangat baik.
Copyrights © 2024