Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IA SD MUHAMMADIYAH 22 SRUNI

Safitri, Niken Ayu (Unknown)
Wibowo, Yunus Aris (Unknown)
Rahayu, Widyaningrum Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dan mengganggap bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit serta belum maksimalnya kesadaran tanggung jawab siswa pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah 22 Sruni. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan karakter tanggung jawab sisswa dengan tepat. Tujuan penelitian ini untk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar pengamatan tanggung jawab siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab. Prestasi belajar mengalami peningkatan dari 44,4% menjadi 83,3%, sedangkan tanggung jawab semula pada siklus I hanya 4 siswa yang mempunyai tanggung jawab sangat baik. Hal tersebut mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 6 siswa yang mempunyai tanggung jawab sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...