Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bokat. Metode penelitian yang diterapkan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh mencakup sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dampak game online memiliki dua dampak. Pertama, game online memberikan dampak positif dengan mampu mengurangi tingkat stres belajar siswa, menghasilkan peningkatan kesejahteraan psikologis ketika menghadapi tugas-tugas sekolah. Kedua, dari sisi negatif, game online dapat menurunkan kualitas pembelajaran dan menyebabkan siswa kehilangan fokus saat menerima materi pembelajaran. Selanjutnya, faktor yang mendorong siswa untuk lebih tertarik bermain game online daripada fokus pada kegiatan belajar melibatkan faktor internal, seperti dorongan mencapai kesenangan, kepuasan langsung, dan pencapaian prestasi pribadi dari bermain game. Sementara itu, faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang kurang mendukung dan kurangnya variasi metode pembelajaran di sekolah, turut berperan dalam memicu siswa memilih game online sebagai alternatif saat merasa bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti urgensi bagi instansi pendidikan dan peserta didik untuk mengelola penggunaan game online dalam konteks pembelajaran.
Copyrights © 2024