Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PERMAINAN UBUR-UBUR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD KHADIJAH SURABAYA

Pratiwi, Indah Putri (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Astini, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Peneliatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIA SD Khadijah Surabaya pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggrat yang memuat empat tahapan, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak satu kali tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA SD Khadijah Surabaya sebanyak 31 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan pada tahun ajaran 2023/2024. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam penelitian teknik yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran permainan ubur-ubur pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada siklus I diperoleh sebesar 54,83% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100 % dengan jumlah peningkatan 45,17%. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan kelas yang mengalami peningkatan pada setiap pelaksanaan siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan ubur-ubur dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II A SD Khadijah Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...