Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar Lokomotor,Nonlokomotor dan Manipulatif. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana dilakukan pada Dua tahap/siklus dengan sampel peserta didik kelas IX H yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 16 siswa dan 18 siswi. Teknik pengumpulan data yakni tes berupa soal pengetahuan, unjuk kerja berdasarkan proses pembelajaran aktivitas gerak dan juga teknik non tes berupa pengamatan sikap peserta didik pada saat pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, melalui pendekatan bermain ada peningkatan hasil belajar gerak dasar Lokomotor,Nonlokomotor dan Manipulatif yang dibuktikan melalui analisis pada pada siklus I diperoleh hasil rerata presentase keberhasilan sebesar 76% dan pada siklus II diperoleh hasil presentase keberhasilan sebesar 86,9%.
Copyrights © 2024