Tujuan dari penelitian ini adalah upaya untuk meningkatan hasil belajar senam berirama dengan menerapkan metode Discovery Learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan beberapa tahapan. Objek dan Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lontar 481 Surabaya. Instrumen pengambilan data menggunakan Tes dan Observasi. Penelitian ini menganalisis data yang meliputi persentase, ketuntasan setiap peserta didik, ketuntasan klasikal, dan persentase peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran pada Siklus I, Kategori Sangat Baik 0%, Kategori Baik 0%, Kategori Cukup 16%, dan 48% dalam Kategori Kurang. Sedangkan pada Siklus II terjadi peningkatan persentase skor aktivitas belajar siswa yaitu terdapat 28% masuk dalam kategori Sangat Baik, 48% masuk dalam kategori Baik, dan 20% siswa dalam kategori Cukup. 4% siswa dalam kategori Kurang, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori Sangat Kurang. Selanjutnya persentase peningkatan hasil belajar siswa klasikal pada Siklus I hanya 64%, terjadi peningkatan yang signifikan pada Siklus II yaitu 88%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar senam berirama pada siswa kelas V SDN Lontar 481 Surabaya.
Copyrights © 2024