Perguruan tinggi sebagai industri jasa harus menyediakan layanan pendidikan berkualitas, terutama bagi mahasiswa sebagai pelanggan utama. Layanan ini mencakup fasilitas perpustakaan dan penggunaan teknologi seperti e-learning. E-learning meningkatkan kualitas bahan ajar dan minat belajar meskipun terkadang terkendala oleh masalah jaringan. Layanan ini penting bagi dosen, mahasiswa, dan stakeholder terkait. Penelitian ini mengeksplorasi kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan di perguruan tinggi melalui analisis literatur. Menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dalam pelayanan dimana mencakup kualitas dosen saat mengajar, fasilitas yang mendukung pembelajaran mahasiswa, biaya pendidikan, dan masih banyak lagi. Pengukuran kepuasan melibatkan survei, Net Promoter Score (NPS), dan analisis keluhan. Kepuasan pelanggan sangat penting untuk keberhasilan institusi pendidikan, dan strategi peningkatan kualitas layanan juga dibahas. Kualitas layanan dan kepuasan mahasiswa di lembaga pendidikan tinggi sangat krusial. Kepuasan mahasiswa mencerminkan keinginan antara harapan dan realitas pelayanan yang mereka terima. Analisis kepuasan juga membantu lembaga perguruan tinggi untuk memahami persepsi mahasiswa dengan cara menyesuaikan strategi pengembangan layanan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan tersebut untuk meningkatkan kredibilitas lembaga. Dengan begitu, lembaga dapat mengembangkan strategi peningkatan kualitas layanan yang lebih efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan mahasiswa dan memperkuat kredibilitas lembaga di mata masyarakat. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan berkelanjutan dalam evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan di perguruan tinggi untuk meraih keunggulan yang maksimal dalam Pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024