Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENGARUH GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK KETINTANG SURABAYA

Agustina, Adinda Mega (Unknown)
Wulandari, Siti Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembentukan karakter dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMK Ketintang Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 68 siswa sebagai responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi kalasi, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pembentukan karakter terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, pembelajaran daring juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan pembentukan karakter dan pembelajaran daring juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Ketintang Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter dan pembelajaran daring memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Ketintang Surabaya. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian yang lebih besar terhadap pembentukan karakter dan penerapan pembelajaran daring dalam kurikulum pendidikan di SMK untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini memberikan pandangan yang berharga bagi pendidik, pemerintah, dan stakeholder pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berfokus pada pembentukan karakter serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...