Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembentukan karakter dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMK Ketintang Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 68 siswa sebagai responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi kalasi, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pembentukan karakter terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, pembelajaran daring juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan pembentukan karakter dan pembelajaran daring juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Ketintang Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter dan pembelajaran daring memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Ketintang Surabaya. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian yang lebih besar terhadap pembentukan karakter dan penerapan pembelajaran daring dalam kurikulum pendidikan di SMK untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini memberikan pandangan yang berharga bagi pendidik, pemerintah, dan stakeholder pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berfokus pada pembentukan karakter serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024