Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PERKEMBANGAN SAINS DI ABAD 21

Susanti, Reni (Unknown)
Fadriati, Fadriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang konsep pendidikan agama Islam dan perkembangan sains di abad 21. Permasalahannya adalah apa yang dimaksud pendidikan Agama Islam, bagaimana sejarah pendidikan agama Islam di Indonesia, bagaimana perkembangan sains di abad 21, apa saja peran guru dalam menghadapi perkembangan sains di abad 21 dan apa saja problematika dan strategi pendidikan agama Islam yang dihadapi dalam menyongsong tantangan abad 21. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang pendidikan agama Islam, mengetahui pendidikan Islam di Indonesia, mengetahui perkembangan sains di abad 21, apa saja peran guru, dan problematika yang dihadapi dalam upaya pendidikan Islam menghadapi perkembangan sains di abad 21. Penelitian dilakukan dengan pendekatan secara kualitatif dengan metode riset kepustakaan (Library Research). Data dikumpulkan dengan cara menelaah buku, jurnal dan berbagai literatur lainnya yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam dan perkembangan sains di abad 21. Temuan data kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa Pendidikan Islam adalah suatu usaha membina dan mengembangkan pendidikan agama yang titik beratnya terletak pada internalisasi nilai iman, Islam dan Ihsan dalam pribadi manusia muslim yang berilmu pengetahuan luas. pendidikan Islam memainkan peran penting dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan zaman. Integrasi antara pendidikan agama Islam dengan sains dan teknologi dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Untuk menyongsong tantangan abad 21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...