Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi proses penerapan model pembelajaran sentra agama pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Mukhlishin. 2) Menyelidiki materi yang diimplementasikan dalam sentra agama bagi anak usia 5-6 tahun di RA Al Mukhlishin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses model pembelajaran sentra agama bagi anak usia 5-6 tahun di RA Al Mukhlishin terdiri dari delapan tahapan, termasuk penataan lingkungan, penyambutan, permainan pembuka, transisi, pengalaman sebelum, selama, dan setelah bermain. 2) Materi dalam sentra agama melibatkan permainan seperti puzzle hijaiyah, kartu hijaiyah, dan kegiatan edukatif lainnya seperti cerita tentang para Nabi dan orang-orang shaleh, serta praktik ibadah dan pengetahuan dasar keimanan. 3) Problematika yang muncul termasuk kesulitan guru dalam mengelola kelas, keterbatasan ruang pada kegiatan tertentu, dan kurangnya sarana pembelajaran.
Copyrights © 2024