Dalam pembelajaran secara daring pada pemelajar BIPA tentu akan mengalami kendala salah satunya tidak semua siswa memperhatikan pengajar pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pengajar bipa pada pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemelajar BIPA level 2. Data penelitian ini diambil dari hasil literatur dan pengalaman pengajar BIPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala jaringan yang menyebabkan tampilan layar salindia tidak terlihat jelas, pemelajar yang tidak fokus dan terkadang abai, serta kesulitan dalam pelafalan huruf tertentu akibat kendala jaringan yang menghambat praktik pelafalan yang benar. Simpulannya adalah Kesulitan dalam melafalkan kata-kata kompleks dan memahami materi imbuhan juga menjadi kendala, ditambah dengan masalah dalam membaca teks dan menjawab pertanyaan akibat koneksi internet yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan strategi khusus seperti penyederhanaan materi, penggunaan metode interaktif, dan peningkatan dukungan teknis untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif.
Copyrights © 2024