Indonesia saat ini masih dihadapkan dengan berbagai tantangan, seperti 1. Metode pembelajaran dibeberapa lembaga pendidikan Islam masih didominasi ceramah dan hafalan, sehingga kurang menarik dan interaktif bagi siswa, 2. Belum banyak diterapkan metode pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan merekomendasikan strategi dan inovasi untuk mengembangkan pendidikan Islam sehingga mampu menghadapi tantangan global menuju Indonesia emas 2045. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui study pustaka dan lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan Lembaga Pendidikan Al-Hadi Medan menerapkan berbagai strategi dan inovasi untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan global dan mencapai Indonesia Emas 2045. Upaya tersebut meliputi penguatan kurikulum dan metode pembelajaran, membangun kerjasama dengan berbagai pihak, memanfaatkan TIK, mengembangkan budaya literasi, dan mempersiapkan peserta didik untuk masa depan. Strategi dan inovasi ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap berkompetisi di kancah internasional. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk menghasilkan model-model pembelajaran yang efektif dalam pendidikan Islam.
Copyrights © 2024