Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU SMAN 8 SINJAI

Fitriani Fitriani (Universitas Negeri Makassar)
Masnawaty S (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Rijal (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman kurikulum 2013 terhadap kinerja guru di SMA Negeri 8 Sinjai. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 8 Sinjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi menjadi sampel sebanyak 30 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh pemahaman kurikulum sebesar Y = 28,904 + 0,396 yang berarti setiap penambahan nilai pemahaman kurikulum maka nilai kinerja guru meningkat sebesar 0,396 satuan. Hasil uji t diperoleh bahwa pemahaman kurikulum berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...