Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PERANAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 229 PALEMBANG

Rema Paramitha (Universitas PGRI Palembang)
Sukardi Sukardi (Universitas PGRI Palembang)
Ferri Hidayad (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam pencegahan bullying siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 229 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif ialah metode dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau kalimat serta gambar yang memiliki makna dan pemahaman yang konkrit. Fokus dalam penelitian ini adalah Analisis Peranan Guru Dalam Pencegahan Bullying Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 229 Palembang, sedangkan subfokus dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kelas V, Siswa dan Orang Tua. Berdasarkan hasil penelitian serta hasil pembahasan disimpulkan bahwa Peranan Guru Dalam Pencegahan bullying Siswa yaitu guru berperan sebagai penasihat secara persuasif, pembimbing secara klasikal dan individual. Hal tersebut di lihat dari proses pengamatan di sekolah seperti, guru menasihati dan membimbing dalam proses pembelajaran. Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa guru sudah terlihat dalam upaya pencegahan bullying siswa. Bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada siswa kelas V adalah : a) Bullying Fisik, b) Bullying Verbal, c) Bullying mental atau psikologis. Serta strategi guru dalam pencegahan bullying yaitu : a) Melalui pembiasaan sehari-hari, b) Melalui Diary Feeling, c) Melalui Pendidikan Karakter Peduli Sosial, d) Kerja Sama Guru dan Orang Tua. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles and Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...