Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

DAMPAK TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP PRESTASI KERJA DAN KEUNGGULAN BERSAING DI SEKOLAH BERBASIS ISLAM TERPADU

Isropil Siregar (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Mukhtar Mukhtar (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Kasful Anwar (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Mahmud MY (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Rita Sahara Munte (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak transformasi digital terhadap prestasi kerja dan keunggulan bersaing di sekolah berbasis Islam terpadu. Di era di mana teknologi digital memainkan peran kunci dalam transformasi pendidikan, penting untuk memahami bagaimana penerapan teknologi ini mempengaruhi kinerja guru dan daya saing sekolah. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan fokus pada studi kasus beberapa sekolah berbasis Islam terpadu. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan staf sekolah, observasi partisipatif di lingkungan sekolah, serta analisis dokumen terkait kebijakan dan praktik penggunaan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi kerja guru. Integrasi teknologi dalam proses pembelajaran memungkinkan guru untuk menyampaikan materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif, meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka. Selain itu, dengan teknologi dapat memfasilitasi administrasi sekolah yang lebih efisien, membebaskan waktu guru untuk fokus pada kegiatan pengajaran dan pembelajaran. Keunggulan bersaing sekolah juga dipengaruhi oleh transformasi digital. Sekolah SMP Islam Al-Azhar 44 dan SMA Islam Al-Azhar 18 Grand Wisata Bekasi telah berhasil mengadopsi teknologi secara efektif cenderung memiliki reputasi yang lebih baik dan menarik minat siswa baru. Penggunaan platform pembelajaran, sistem manajemen sekolah yang terintegrasi, dan komunikasi digital yang efisien dengan orang tua menjadi faktor-faktor kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang modern dan kompetitif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa transformasi digital membuka peluang besar bagi sekolah berbasis Islam terpadu untuk meningkatkan prestasi kerja guru dan keunggulan bersaing. Namun, tantangan seperti akses terhadap teknologi yang memadai, pelatihan yang diperlukan bagi staf, dan kebijakan yang mendukung masih perlu diatasi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya investasi dalam infrastruktur teknologi pendidikan dan pengembangan profesional bagi staf sekolah untuk memanfaatkan potensi transformasi digital secara maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...