Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rosaniya E. Rehiara (Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran blended learning telah menjadi fokus utama dalam meningkatkan efektivitas pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran blended learning dalam konteks pendidikan SMA melalui metode studi literatur. Metode ini mengumpulkan, mengevaluasi, dan mensintesis data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa, terutama dalam peningkatan pemahaman materi dan kemampuan berpikir kritis. Faktor-faktor pendukung seperti infrastruktur teknologi yang memadai dan kompetensi digital guru menjadi kunci keberhasilan implementasi metode ini. Namun, tantangan seperti resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pelatihan bagi guru perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi pembelajaran blended learning di SMA. Implikasi praktis penelitian ini mencakup pentingnya penyediaan dukungan infrastruktur dan pelatihan bagi guru, serta melibatkan orang tua dan komunitas sekolah dalam mendukung lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih adaptif dan responsif di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...