Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak transformasi digital terhadap inovasi guru di sekolah berbasis Islam terpadu. Transformasi digital dalam pendidikan mencakup kecapakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Sekolah berbasis Islam terpadu, yang mengintegrasikan kurikulum umum dan nilai-nilai Islami, menghadapi tantangan unik dalam mengadopsi teknologi digital tanpa mengorbankan identitas keislaman mereka. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Direktur II Bidang Akademik dan SDM dan siswa di beberapa sekolah Islam terpadu yang telah menerapkan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital memberikan dampak positif signifikan terhadap inovasi guru dalam pembelajaran di sekolah SD Al-Fityan School Tangerang. Guru melaporkan peningkatan dalam kreativitas dan efisiensi pengajaran. Penggunaan teknologi digital dalam penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, seperti e-learning, aplikasi Microsoft Stream, H5P dan penggunaan aplikasi pendidikan berbasis Islami. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa transformasi digital dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan inovasi pembelajaran.
Copyrights © 2024