AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 1 (2020): FEBRUARI

Pengaruh Loyalitas Guru Terhadap Kinerja Guru

Fenti Restatilah (Universitas Djuanda)
Raden Siti Pupu Fauziah (Universitas Djuanda)
Novi Maryani (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh loyalitas guru terhadap kinerja. Objek penelitian  ini yaitu guru SMPIT Roudlotul Jannah  Ciawi Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  jenis korelasi fungsional. Penelitian ini menggunkan sampel jenuh sebanyak 15guru. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunkan observasi, angket dengan skala Likert 1-4, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini diperoleh data pengisian angket dari 15 orang guru menunjukkan signifikansi persamaan regresi dengan uji t diperoleh nilai thitung = 2,416 dan ttabel = 2,160 pada taraf 5% maka dapat di simpulkan bahwa 2,416 > 2,160 dari data tersebut terdapat  signifikansi antara loyalitas guru dengan kinerja. diperoleh nilai thitung = 2,416 dan ttabel = 2,160 pada taraf 5% maka dapat di simpulkan bahwa 2,416 > 2,160 dari data tersebut terdapat  signifikansi antara loyalitas guru dengan kinerja. Bentuk persamaan regresi Y = 50,897 + 0,567X dari hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif antara loyalitas guru dengan kinerja.  korelasi antara loyalitas guru dengan kinerja diperoleh nilai R sebesar 0.557 dan R Square sebesar 0.310 yang berarti loyalitas guru tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar yaitu sebesar 31% terhadap kinerja dan sisanya sebesar 69% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...