Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan ibadah santriwati di Madrasah Aliyah Ummul Quro Al-Islami meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi Salat berjamaah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (penelitian non statistic). Dengan subjek penelitian satu orang pembimbing ibadah, 3 orang pengurus ibadah dan 6 (enam) orang santri kelas XI (sebelas). Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, dengan tahapan reduksi, penarikan dan penyajian kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan penelitian pengelolaan kegiatan ibadah santriwati di Madrasah Aliyah Ummul Quro Al-Islami, hasil penelitian menunjukkan pertama, perencanaan kegiatan ibadah dilakukan dengan cara mengadakan rapat yang dihadiri oleh sekretaris pesantren dan ketua majelis pembimbing organisasi dan menghasilkan beberapa keputusan yaitu, target pencapaian, rencana kegiatan dan klasifikasi pelanggaran. Pengorganisasian kegiatan ibadah dilakukan oleh pengurus ibadah yang merupakan pengurus organisasi dari kelas XI (sebelas) dan memiliki tugas khusus dan umum dalam menjalankan kepengurusannya. Pengarahan kegiatan ibadah dilakukan oleh pembimbing ibadah, dengan mengingatkan dan memberikan arahan kepada pengurus ibadah dalam mengerjakan tugas dan pembimbing akan memberikan sanksi kepada pengurus dan santri yang melanggar peraturan ibadah. Evaluasi eksternal dan internal adalah evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ibadah. Evaluasi internal di bagi menjadi dua yaitu, evaluasi pembimbing dan evaluasi pengurus. yang dilakukan untuk mengetahui kinerja kerja pembimbing dalam satu bulan dengan terisinya buku administrasi, evaluasi pengurus dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ditemukan di lapangan, sedangkan evaluasi eksternal ditunjukkan kepada wali santri untuk meninjau apakah program yang dilakukan sudah memenuhi harapan wali santri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022