AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 1 No. 2 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

DAMPAK KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV

Siti Rahmawati (a:1:{s:5:"en_US"
s:26:"Universitas Djuanda Bogor "
})

Agus Priyanto (Unknown)
Annissa Mawardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Arah penelitian ini untuk menguji seberapa besar kinerja guru, motivasi belajar siswa dan dampak kinerja guruterhadap motivasi belajar siswa kelas IV semester genap.Teknik penelitian menggunakan kuantitatif deskriptifdengan desain penelitian korelasi fungsional. Data penelitian dikumpulkan memanfaatkan teknik angket kuesioner, dengan jumlah responden siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa kinerjaguru kelas IV dalam kategori sedang yakni sebesar 52,9%. Motivasi belajar siswa semester genap, sebanyak 19 siswa dalam kategori mempunyai motivasi belajar yang sedang serta 1 orang siswa memiliki motivasi belajar tinggi.Diperoleh dampak signifikan antara kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa, diketahui nilai t hitung 6,395 ˃ 2,1009 t tabel dengan taraf kesalahannya yaitu 5% dengan hasil yang signifikan 0,000 > 0, 05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya dampak kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa yakni sebesar 69,4 %, dampak dari luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini yakni sebesar 30.6%. Sehingga simpulan pada penelitian ini yakni terbisa dampak yang signifikan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...