AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 1 No. 2 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI KELAS IV)

Debi Julianti (a:1:{s:5:"en_US"
s:26:"Universitas Djuanda Bogor "
})

Mustolah Maufur (Unknown)
Zahra Khusnul Lathifah (Unknown)
Annissa Mawardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Siswa slow learner adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang memiliki masalah-masalah dalam belajar. Sehingga perlu adanya dukungan dari siswa reguler atau teman sebayanya untuk memberikan dukungan kepada siswa slow learner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan teman sebaya terhadap minat belajar slow learner di SDN Tenjoayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, latar penelitian diambil dengan kondisi yang sesungguhnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi subyek dan obyek penelitian, melakukan wawancara dan melakukan dokumentasi jika diperlukan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa reguler atau teman sebaya pernah memberikan dukungan kepada siswa slow learner, seperti dukungan emosional berupa pemberian semangat, perhatian dan lainnya. Dukungan instrumental berupa pemberian rangkulan, ajakan dan lainya. Dukungan informasi berupa menjelaskan materi yang sulit dipahami, memberi tahu ketika jawaban siswa slow learner salah dan lainnya. Siswa slow learner di kelas IVB memiliki masalah-masalah belajar seperti hasil belajar yang rendah, kurang bersemangat ketika belajar, cenderung pendiam dan pasif dalam belajar. Siswa slow learner lebih senang menggambar dibandingkan dengan membaca dan berhitung. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa slow learner seperti kondisi fisik yang cenderung terlihat lemas, kurangnya motivasi dan perhatian orang tua serta malas belajar. Oleh karena itu peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di SDN Tenjoayu khususnya di kelas IVB teman sebaya dan guru kelas telah memberikan dukungannya dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa slow learner. Seperti dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan informasi serta dapat memahami keterbatasan yang dimiliki oleh siswa slow learner.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...