AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 1 (2024): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

BILINGUAL LEARNING: POTRET, IMPLEMENTASI, KETERCAPAIAN PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Yulita Ling Ling (Institut Shanti Bhuana)
Pebria Dheni Purnasari (Institut Shanti Bhuana)
Silvester (Institut Shanti Bhuana)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Bahasa merupakan ungkapan perasaan melalui kata-kata yang sering digunakaan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Manusia sering menggunakan bahasa untuk berkomuikasi dengan sesama manusia, terdapat beragam bahasa yang ada di dunia dan kemampuan penguasaan dua bahasa disebut bilingual. Implementasi bilingual saat ini masih terus diterapkan di Indonesia khususnya pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia meskipun hal ini jarang diterapkan di setiap instansi sekolah yang ada di Indonesia. Salah satu bahasa yang menjadi Bahasa bilingual di Indonesia yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada era modern saat ini penting untuk menguasai bahasa internasional yang berlaku di dunia yaitu bahasa Inggris. Indonesia menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang wajib menjadi mata pelajaran penting demi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembelajaran billingual di setiap jejang Pendidikan, seperti pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat implementasi pembelajaran billingual yang diterapkan Indonesia dalam berbagai tingkatan pendidikan, yang sudah menerapkan pembelajaran bilingual di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...