Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan peran lingkungan sosial sekolah dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di SDN Bubulak 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SDN Bubulak 01. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Ada 4 tahapan dalam teknik analisis data ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu bahwa peserta didik di SDN Bubulak 01 sudah cukup mendekati karakter disiplin. Banyak bentuk peran lingkungan sosial sekolah yang dilakukan untuk membentuk karakter disiplin diantaranya yaitu kegiatan upacara bendera, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan pramuka.
Copyrights © 2024