AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 3 (2024): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

CARA GURU MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DI SEKOLAH DASAR

Riska Damayanti (Universitas Djuanda)
Rasmitadila (Universitas Djuanda)
Afridha Sesrita (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan daya ingat siswa sekolah dasar.  Metode yang digunakan yaitu studi pustaka (library research). Metode penelitian ini adalah rangkaian proses mengidentifikasi, menginterpretasi, dan mengevaluasi konsep-konsep dalam topik pembahasan tertentu untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. Systematic literature review meliputi tiga tahap yaitu planning, pada tahap ini peneliti memilih topik penelitian yaitu cara guru meningkatkan kemampuan daya ingat siswa di sekolah dasar menggunakan web google scholar dengan rentang waktu 2024-2020; conductin, peneliti memulai dengan mencari dan mengumpulkan artikel; dan reporting, peneliti menulis hasil dalam bentuk tulisan. Berdasarkan kajian tujuh artikel, cara guru dalam meningkatkan daya ingat sangat beragam yaitu dengan penggunaan model memori, metode simulasi, metode bernyanyi, media flashcard, metode ITIK, metode mind mapping dan metode mnemorik dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...