Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui penerapan pendekatan kontruktivisme-metakognitif pada pembelajaran gramatika di kelas XI SMK Negeri Bali Mandara, (b) untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan pendekatan kontruktivisme-metakognitif pada pembelajaran gramatika di kelas XI SMK Negeri Bali Mandara, (c) untuk mengetahui hasil belajar bahasa siswa pada penerapan pendekatan kontruktivisme-metakognitif dalam pembelajaran gramatika di kelas XI SMK Negeri Bali Mandara. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi (a) penerapan pendekatan kontruktivis-metakognitif dalam pembelajaran gramatika memberikan dampak yang sangat baik terhadap perkembangan berfikir kritis dan kemandirian peserta didik, dibuktikan melalui hasil pengamatan bahwa siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran tersebut. Selain itu langkah yang dilakukan guru telah sesuai dengan pedoman pendekatan kontruktivis metakognitif meskipun terdapat satu sintak pembelajaran dilewatkan guru namun ternyata tidak menimbulkan dampak yang signifikan terhadap tujuan pembelajaran; (b) respons siswa pada pembelajaran ini sangat positif dibuktikan melalui angket respons siswa bahwa sebanyak 27 siswa merespons sangat positif dan 2 siswa memberikan respons positif; (c) hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 23 siswa memperoleh predikat baik dan 6 siswa memperoleh predikat amat baik sesuai dengan pedoman interval nilai penulisan karya ilmiah.
Copyrights © 2024