Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pola asuh permisif grandparent terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Ciracap menggunakan Desain Eksperimen Semu. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan di PAUDÂ Kecamatan Ciracap dan sampel yang digunakan adalah 50 orang guru di lembaga PAUD. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas data, uji reabilitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, dapat disimpulkan bahwa pola asuh permisif yang diterapkan oleh grandparent berpengaruh terhadap perilaku prososial anak. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata dari uji t berpasangan menunjukan adanya perbedaan dimana nilai rata-rata (mean) prososial pada anak kelas eksperimen sebelum diberikan pemahaman adalah sebesar 43,80 dan nilai rata-rata (mean) prososial pada anak kelas eksperimen setelah diberikan pemahaman meningkat menjadi 78,39 dengan selisih nilai rata-rata (mean) sebasar 34,59 yang berarti bahwa terdapat peningkatan prososial pada anak sebesar 34,59. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan pola asuh permisif yang dilakukan oleh grandparent dapat membantu anak usia dini untuk mulai melakukan kegiatan prososial seperti menolong, berbagi, berempati, bertoleransi dan kegiatan sosial lainnya
Copyrights © 2023