Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 5 (2023)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV dengan Model TGT Pada Materi Nilai Tempat Bilangan

Ega, Septi (Unknown)
Rahayu, Fanny Septiany (Unknown)
Nurarafah, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Adanya penelitian ini melihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi nilai tempat bilangan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan melihat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi nilai tempat bilangan dengan model TGT melalui metode PTK untuk menganalisis hasil pembelajaran pra siklus kemudian menerapkan perlakuan menggunakan model pembelajaran TGT pada siklus 1 dan 2 dengan menganalisis data hasil penelitian setiap siklusnya. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas IV A SDN 1 Bayalangu Lor sebanyak 50 orang. Dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan lesson study mencakup tahapan plan, do dan see. Sedangkan penerapannya menggunakan pengelompokkan peserta didik, media dan LKPD yang beragam. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan penerapan model TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi nilai tempat bilangan dibuktikan dengan nilai peserta didik yang melebihi KKM dan peningkatan dari kondisi pra siklus ke setiap siklusnya. Maka implikasinya guru harus mengeksplore penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan peserta didik dalam menangkap materi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...