Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Efikasi Diri Dengan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

Astuti, Nur Indah Fithri (Unknown)
Patras, Yuyun Elizabeth (Unknown)
Sardjijo, Sardjijo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Kreativitas guru diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam proses pendidikan di sekolah. Hasil observasi di SD Negeri di kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan kompetensi pedagogik dan efikasi diri dengan kreativitas guru SD Negeri di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Desain penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, dengan variabel bebas kompetensi pedagogik dan efikasi diri dengan variable kreativitas guru. Penelitian survey ini menggunakan pendekatan korelasional, yang ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel-variabel lain. Variabel kompetensi pedagogik dalam penelitian ini dirancang sebagai variabel bebas pertama dan efikasi diri dirancang sebagai variabel bebas kedua, sedangkan kreativitas guru dirancang sebagai variabel terikat. Populasi adalah seluruh guru ASN SD Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Cibinong berjumlah 179 orang. Semua populasi merupakan sampel dan responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pernyataan berbentuk Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan program IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif secara signifikan antara kompetensi pedagogik dengan kreativitas guru SD Negeri di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor ditunjukan dengan korelasi sebesar 0,017. Artinya, semakin baik kompetensi pedagogik maka kreativitas akan semakin tinggi. Adanya hubungan positif secara signifikan antara efikasi diri dengan kreativitas guru SDN di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,026. Artinya semakin tinggi efikasi diri guru maka semakin tinggi kreativitas guru. Adanya hubungan positif secara signifikan antara kompetensi pedagogik dan efikasi diri secara bersama-sama dengan kreativitas guru SDN di Kecamatan Cibinong   Kabupaten Bogor ditunjukkan dengan hasil uji Fhitung > Ftabel atau sig. 0,004 < 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya hubungan antara kompetensi pedagogik dan efikasi diri yang dimiliki memberikan kontribusi positif dengan kreatifitas guru

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...