Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Toga, Erik (Unknown)
Laili, Roudlotun Nurul (Unknown)
Nashir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua merupakan salah satu elemen berpengaruh pada motivasi belajar anak, sehingga menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan proses belajarnya dan dalam meraih prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar anak kelas 6 Sekolah Dasar di SDN 2 Sumberkencono Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Jumlah 35 responden dengan menggunakan teknik Total Sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner. Pengolahan data dan Analisis Data menggunakan Editing, Coding, Scoring, Tabulasi dan dianalisis dengan uji statistik korelasi Chie Square SPSS 25 for windows 8 dengan tingkat ? = 0,005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang dominan adalah otoriter (66% responden). Sedangkan hubungan kedua variabel penelitian dengan uji Chie Square dengan SPSS ?= 0,7 > ?= 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti dan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...