Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan perlu dilakukan secara efektif agar esensi dan penerapan materi yang disampaikan dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran Papan Garuda berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam materi penerapan nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas IV di SDN 02 Tambak Aji Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah classroom action research. Ditinjau dari hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Papan Garuda berbasis PBL secara signifikan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan media video, guru dapat menyajikan topik pembelajaran dengan jelas dan memberikan gambaran yang lebih baik bagi siswa. Selain itu, penggunaan media Papan Pancasila juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada guru-guru untuk menggunakan media pembelajaran Papan Garuda berbasis PBL dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dasar. Dengan demikian, dihrapkan siswa agar lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023